PROFIL SEKOLAH
DAN KEBUTUHAN SARANA DAN PRASARANA
A. Profil SMPN 2 Selat Tahun 2008
1. Nama Sekolah : SMPN 2 Selat Kuala Kapuas
Alamat : Jalan : Jl. Jendral Sudirman Nomor 170
Desa/Kecamatan : selat Hilir/Selat
Kabupaten/Kota : Kapuas/Kuala Kapuas
No. Telp/HP : (0513) 21097 / 081352973073
2. Nomor Statistik Sekolah : 201140303002
3. Jenjang Akreditasi : B 18
4. Tahun Berdiri : 1960
5. Tahun Beroperasi : 1960
6. No. Rekening Sekolah : 0600-201-000015272-7
7. Kepemilikan Tanah : Pemerintah
a. Status tanah : Hak Pakai
b. Luas tanah : 3.037 M2
8. Status Bangunan : Pemerintah
a. Surat Ijin Bangunan : 187/SK/B-111
b. Luas Seluruh Bangunan :
9. Data Siswa dalam 4 (empat) Tahun Terakhir
Tahun Ajaran Jlh Pendaftar
(Calon Siswa Baru) Kelas VII Kelas VIII Kelas IX Jumlah (kls VII + VIII + IX)
Jml Siswa Jml Rom Bel Jml Siswa Jml Rom Bel Jml Siswa Jml Rom Bel Siswa Rombel
2005/2006 200 117 3 121 4 142 4 380 11
2006/2007 190 119 4 116 3 121 4 356 11
2007/2008 170 131 4 111 3 110 4 352 11
2008/2009 260 157 5 135 4 98 3 390 12
10. a) Data Ruang Kelas
Jumlah Ruang
Ruang Kelas (asli) 12
Ruang Lainnya yang Digunakan untuk/sbg Ruang Kelas (b) yaitu ruang -
Jumlah Ruang Kelas Seluruhnya (a+b) 12
b) Data Kondisi Ruang
Jumlah
Ruang Jumlah Ruang yang Kondisinya Baik Jumlah Ruang yang Kondisinya Rusak Kategori Kerusakan
Ruang Kelas 12 12 -
Perpustakaan 1 1 -
R. Lab. IPA 1 1 -
Keterampilan 1 - 1
Lab. Bahasa - - -
Lab. Komputer 1 1 -
11. Data Guru
Jumlah Guru/Staf Bagi SMP Negeri Bagi SMP Swasta Keterangan
Guru Tetap
(PNS/Yayasan) 30 Orang
Guru Tidak Tetap/
Guru Bantu 3 Orang
Guru PNS
Dipekerjakan (DPK) -
Staf Tata Usaha dan Penjaga Sekolah 7 Orang
12. Sumber Dana Operasional dan Perawatan : Rutin dan BOS
13. Fotocopy Akte Yayasan dan Susunan Pengurus Yayasan : -
14. Fotocopy Bukti Kepemilikan Tanah dan Bangunan : -
15. Foto-foto kondisi gedung sekolah (tampak luar dan detail kerusakan) : terlampir
16. Site paln yang menggambarkan eksisting bangunan di atas lahan sekolah: terlampir
17. Visi Sekolah : Unggul dalam Mutu dan Prestasi
Berdasarkan Iman dan Taqwa.
Dengan Indikator:
a. Memiliki tenaga pengajar yang kompeten dan profesioanal
b. Tersedianya Sarana dan prasarana yang ideal
c. Unggul dalam Perolehan Nilai Ujian Nasional
d. Unggul dalam Prestasi Olahraga
e. Unggul dalam Seni
f. Unggul dalam Kegiatan Kagamaan
g. Unggul dalam Kerajinan Tangan
h. Ahli dalam Mengoperasikan Komputer
i. Terampil Berbahasa Inggris
j. Terampil Mengisi Majalah Dinding
k. Berprestasi dalam kegiatan Olimpeade Mipa dan Komputer
18. Misi Sekolah:
a. Memfasilitasi dan mengembangkan peningkatan kompetensi dan profesi
guru
b. Mewujudkan kondisi tempat belajar yang kondusif
c. Melaksanakan Pembelajaran Secara Optimal
d. Melaksanakan Latihan-latihan Olahraga Secara Intensif
e. Membina dan Menumbuhkan Nilai-nilai Seni di Kalangan Siswa
f. Membina dan Menumbuhkan Penghayatan terhadap Ajaran Agama
g. Melatih /Menumbuhkan Semangat Beraktifitas dalam Mendesaian Kerajinan Tangan
h. Mengembangkan Keterampilan Penggunaan Komputer Secara Berkesinambungan.
i. Membimbing Komunikasi Bahasa Inggris
j. Melatih dan membimbing Mengisi Majalah Dinding
k. Mengakomudasi kegiatan- kegiatan Olimpeade Mipa dan Komputer
19. Tujuan Sekolah:
a. Pada akhir tahun 2010 memiliki tenaga pengajar yang handal dan profesional
b. Pada akhir tahun 2010 memiliki bangunan sekolah yang modern, ditunjang dengan fasilitas belajar yang lengkap sebagai sekolah representatif di Kabupaten Kapuas
c. Dalam jangka waktu lima tahun (2010) diharapkan GSA Ujian Nasional rata-rata tiap tahun + 0,20 % ( sejak tahun pelajaran 2004/2005 sebesar 6,26)
d. Pada akhir tahun pelajaran 2008/2009 memiliki minimal 2 tim bola voli dan 1 regu karate yang handal
e. Pada akhir tahun pelajaran 2008/2009 memiliki kelompok bina musika dan paduan suara yang dapat diandalkan
f. Pada akhir tahun pelajaran 2008/2009 memiliki kelompok siswa yang mampu menyampaikan ceramah keagamaan di sekolah
g. Pada akhir tahun pelajaran 2008/2009 memiliki kelompok siswa yang mampu mendesaian kerajinan tangan
h. Pada akhir tahun pelajaran 2008/2009 memiliki kelompok siswa yang mampu mengoperasikan komputer dengan baik
i. Pada akhir tahun pelajaran 2008/2009 memiliki kelompok siswa yang mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik
j. Pada akhir tahun pelajaran 2008/2009 memiliki kelompok siswa yang terampil mengisi majalah dinding.
k. Pada akhir tahun pelajaran 2008/2009 memiliki kelompok siswa yang berbakat dan berprestasi dalam Olimpeade Mipa dan Komputer
20. Jumlah Peserta UAN
2004/2005 2005/2006 2006/2007 2007/2008
112 138 119 110
18. Prosentase Lulusan
2004/2005 2005/2006 2006/2007 2007/2008
100% 97% 100% 100%
19. Nilai Rata – Rata UAN :
Mata Pelajaran 2004/2005 2005/2006 2006/2007 2007/2008
1. Matematika 5,97 6.05 6,41 6,57
2. Bahasa Inggris 6,28 6,29 5,99 6,33
3. Bahasa Indonesia 6,54 7,32 7,60 6,91
4. IPA - - - 6,39
20. Data Jumlah Kelas, Rombel dan Siswa 4 tahun terakhir
No. Kelas Data Siswa Ket
2005/2006 2006/2007 2007/2008 2008/2009
1 Kelas VII 117 119 131 157
2 Kelas VIII 121 116 111 135
3 Kelas IX 142 121 110 98
Jlh Siswa 380 356 352 390
Jlh Rombel 11 11 11 12
21. Jenjang Pendidikan dan Status Guru
No. Tingkat Pedidikan Status Guru Jenis Kelamin Jumlah
GT GTT Laki Peremp.
1 S 1 19 3 7 15 22
2 D3 / Sarmud 8 3 5 8
3 D 2 2 1 1 2
Total 30 3 11 22 32
22. Rata – rata Beban Mengajar : 18 Jampel Per Minggu
23. Data Jumlah Guru dan Statusnya
No. Mata Pelajaran Jumlah Guru Status Guru
PNS GTT Bantu. Honor
1 IPA 4 2 1 1
2 Matematika 3 3
3 Bahasa Indonesia 5 5
4 Pendidikan Agama 3 2 1
5 IPS 3 3
6 Penjaskes 1 1
7 Pend. Kewarganegaraan 2 2
8 Tinkom 2 1 1
9 Bimbingan Konseling 2 2
10 Bahasa Inggris 4 3 1
11 Kesenian 1 1
12 Bahasa Daerah 2 2
Total 32 27 2 3
24. Jenjang Pendidikan Tenaga Administrasi ( TU ) dan Statusnya
No. Tingkat Pedidikan Status Kepegawaian Jenis Kelamin Jumlah
PNS Honor Laki Peremp.
SMA 6 - 1 5 6
Total 6 - 1 5 6
25. Tenaga Perpustakaan ( Pustakawan ) dan Laboratorium ( Laburan )
No. Jenis Tenaga Status Jenis Kelamin Tingkat Pedidikan Jumlah
PNS /Honor Laki Peremp.
1 Tenaga Perpustakaan PNS 1 2 S 1 3
2 Tenaga Lab. IPA PNS 1 3 S 1 4
3 Tenaga Lab. Komputer PNS 2 1 S 1 3
4 Tenaga Lab. Bahasa - - - - -
Jumlah Total 4 7 10
26. Buku Perpustakaan
No. Jenis Buku Jumlah Keterangan
Judul Buku Exemplar Buku
1 Buku Paket 6.250 15.279 Banyak rusak
2 Buku Bacaan 1.275 1.845 Banyak rusak
3 Buku referensi 413 1.381 Banyak rusak
Total 7.938 18.503
B. Analisis Kebutuhan Sarana dan Prasarana
No. Jenis Ruangan / Bangunan
SMA Jumlah Ukuaran
P x L Kondisi Ruang/ Bangunan
B CB TB
A RUANG BELAJAR
1 Ruang Teori / Kelas 12 8x7 Ö
2 Ruang Perpustakaan 1 10x10 Ö
3 Ruang Lab. Bahasa - -
4 Ruang Lab. IPA 1 20x15 Ö
5 Ruang Lab. Komputer, Tinkom 1 8x7 Ö
6 Ruang Kesenian -
7 Ruang Ketrampilan 1 25x8 Ö
8 Ruang Aula -
9 Ruang Multi Media 1 9 X 7 Ö
B RUANG KANTOR
1 Ruang Kepala Sekolah 1 8x7 Ö
2 Ruang Wakil Kepsek -
3 Ruang Guru 1 8x7 Ö
4 Ruang Tata Usaha 1 8x7 Ö
5 Rauang Komite Sekolah -
C RUANG PENUNJANG
1 Ruang Gudang -
2 Ruang B K 1 5x3 Ö
3 Ruang UKS 1 8x4 Ö
4 Ruang OSIS / PASKIBRA 1 8x4 Ö
5 Ruang Pramuka / PMR 1 8x4 Ö
6 Ruang Musolla 1 10x7 Ö
7 Rauang KM/ WC Kepsek -
8 Ruang KM / WC Guru 1 2x1.5 Ö
9 Ruang KM / WC Siswa 4 8x4 Ö
10 Ruang Koperasi -
11 Rauang Kantin 1 8x4 Ö
12 Rumah Penjaga Sekolah 1 8x6 Ö
13 Pos Jaga -
14 Ruang Agama Kristen -
D SARANA PENUNJANG
1 Luas Lapangan Olahraga
a. Lapangan Sepak Bola -
b. Lapangan Voli 1 25x14 Ö
c. Lapangan Badminton -
d. Lapangan Takraw 1 20x15 Ö
e. Lapangan Bulu Tangkis 1 20x15 Ö
2 Luas Lapangan Upacara 70x25 Ö
Tempat Parkir 40x10 Ö
E KELENGKAPAN ALAT RUANG Jenis Barang Jumlah Merek/ Tipe Kondisi Ket
1 Ruang Lab. Bahasa * - - - -
2 Ruang Lab. IPA * 1 - B -
3 Ruang Lab Komputer * 1 - B -
4 Ruang Kepala Sekolah * 1 - B -
5 Ruang TU * 1 - B -
6 Ruang Multi Media * - - - -
7 Ruang Kesenian dan Ketrampilan * 1 - TB -
8 Ruang UKS * 1 - TB -
9 Ruang Guru * 1 - TB -
10 Ruang Kelas * 12 - TB -
Keterangan :
B : Baik
CB : Cukup Baik
TB : Tidak Baik
A. Potensi sekolah dan Priorotas Pemenuhan Sarana dan Prasarana
1. Potensi/Kekuatan Sekolah untuk Menunjang Pemenuhan Kebutuhan Sarana dan Prasarana.
Keadaan Sekolah Data dalam Dokumen Sekolah
Fasilitas Pendukung KBM Jumlah % yang
baik Profil Sekolah RAPBS Proposal
SS
1. Buku 8.249 80 % v v v
2. Mesin ketik kantor 5 60 % v v -
3. Komputer 14 95 % v v -
4. Guru 29 100% v v v
5. TU 6 100% v v v
Fasilitas Fisik
1. Ruang kelas 13 70% v v v
2. Meubeler 450 60% v v -
3. Sarana air bersih ada 70% v v -
4. Sanitasi ada 50% v v -
5. WC guru 1 70% v v -
6. WC siswa 4 100% v v -
7. Lab IPA 1 100% v v v
8. Perpustakaan 1 80% v v v
9. Ruang TU 1 80% v v -
10. Ruang Aula - - - - -
11. Ruang guru 1 80% v v -
12. Ruang Kepsek. 1 80% v v -
13. Mushola 1 70% v v -
2. Mengingat tuntutan kemajuan dan jumlah siswa dan tenaga kependidikan yang besar serta jumlah komputer yang masih tidak sesuai dengan jumlah siswa dan tenaga kependidikan tersebut , maka sangatlah tepat jika SMPN 2 Selat mendapat subsidi peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi sesuai Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2008 Nomor 421.3/1479/DIKNAS/2008.
3. Sarana dan prasarana Teknologi Informasi dan Komunikasi merupakan prioritas pemenuhan kebutuhan demi tuntutan dunia pendidikan, seiring dengan subsidi yang diberikan oleh pemerintah dalam program ini.
4. Untuk pemenuhuan kebutuhan sarana prasarana Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMPN 2 Selat kami akan memanfatkan dengan sebaik-baiknya dengan penuh tanggung jawab subsidi peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi ini.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar